Selasa, 07 Februari 2012

Soal - soal IPS Kelas 5

Share on :

KD : 2.1. Mendeskripsikan perjuangan para tokoh pejuang pada penjajahan Belanda dan Jepang
Indikator : Menceritakan sebab jatuhnya daerah-daerah nusantara ke dalam kekuasaan pemerintah Belanda



Pilihan Ganda ;

Indikator Soal : Disajikan pernyataan tentang kegiatan rakyat Asing pada saat Invasi, Siswa dapat menyebutkan tentang negara tersebut.
1. Bentuk Soal : Pedagang Eropa yang datang pertama kali memiliki wilayah Nusantara adalah ..........
a. Portugis dan Italia c. Portugis dan Belanda
b. Portugis dan Spanyol d. Portugis dan Inggris

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang awal mula masuknya bangsa Asing ke Indonesia, Siswa dapat menyebutkan tentang peristiwa tersebut.
2. Bentuk Soal : Kedatangan bangsa Belanda ke Nusantara dimulai pada tahun .........
a. 1586 c. 1596
b. 1590 d. 1598

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang serikat perdagangan pada jaman belanda, Siswa dapat menyebutkan tokoh pendirinya.
3. Bentuk Soal : VOC didirikan pada tahun 1602 dan dipimpin oleh ..........
a. Pieter Both c. Dr. Snouck Hurgronje
b. Jenderal de Kock d. Jenderal Daendels

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang peristiwa perang yang terjadi di daerah - daerah, Siswa dapat menyebutkan salah satu pemimpin perang tersebut.
4. Bentuk Soal : Perlawanan rakyat Maluku terhadap Penjajahan Belanda dipimpin oleh ..........
a. Pangeran Antasari c. Pangeran Diponegoro
b. Tuanku Imam Bonjol d. Kapitan Patimura

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan pentingnya persatuan dalam melawan penjajah, Siswa dapat menyebutkan tokoh pemimpin perang beserta anggotanya dalam kegiatan tersebut.
5. Bentuk Soal : Berikut ini adalah teman – teman yang membantu perlawanan Pangeran Diponegoro, Kecuali ..........
a. Patih Danureja IV c. Kiai Maja
b. Pangeran Mangkubumi d. Sentot Alibasya

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang kepemimpinan panglima perang di daerah - daerah, Siswa dapat menyebutkan salah satunya.
6. Bentuk Soal : Pemimpin perlawanan rakyat Aceh di Daerah Pidie adalah ..........
a. Cut Nyak Dien c. Teuku Umar
b. Teungku Cik Di Tiro d. Panglima Polim


Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang tokoh Asing yang ingin mempelajari budaya bangsa Indonesia, Siswa dapat menyebutkan diantaranya.
7. Bentuk Soal : Seorang Misionaris ahli agama Islam yang dikirim Belanda untuk mempelajari adat Istiadat rakyat Aceh adalah ..........
a. Dr. Snouck Hurgronje c. Portugis dan Belanda
b. Jenderal Kohler d. Jan Pieterszoon Coen

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang seorang tokoh kepahlawanan, Siswa dapat menyebutkan karakter dari tokoh tersebut.
8. Bentuk Soal : Sikap dari Tokoh Perjuangan bangsa yang patut dicontoh adalah ..........
a. Mementingkan diri sendiri c. Merelakan berbagai kepentingan pribadi untuk rakyat
b. Membela Rakyat demi jabatan d. Cepat sejarah

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang perlakuan penjajah kepada Rakyat Indonesia, Siswa dapat menyebutkan akibat yang ditimbulkannya.
9. Bentuk Soal : Jepang menerapkan sistem Romusa untuk bertujuan ..........
a. Memenuhi kebutuhan hidup dan perang dengan sekutu
b. Meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia
c. Meningkatkan pertahanan indonesia
d. Mendidik rakyat Indonesia untuk bekerja keras

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang beberapa pahlawan yang berjasa dalam kemerdekaan, Siswa dapat menyebutkan salah satunya.
10. Bentuk Soal : Tokoh Nasionalis yang mengajukan mosi agar Istilah Nederlands Indie diganti menjadi Indonesia adalah ..........
a. Husni Thamrin c. Haji Samanhudi
b. Otto Iskandardinata d. Ir. Soekarno

Jawab Singkat ;

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang peristiwa peperangan yang terjadi antara pasukan belanda dengan Pangeran Diponegoro, Siswa dapat menguraikan metode peperangan tentang peristiwa tersebut.
1. Bentuk Soal : PPKI Singkatan dari .......

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang peristiwa peperangan yang terjadi antara pasukan belanda dengan Pangeran Diponegoro, Siswa dapat menguraikan metode peperangan tentang peristiwa tersebut.
2. Bentuk Soal : Panglima Tentara Jepang di wilayah Asia Tenggara bernama .......

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang peristiwa peperangan yang terjadi antara pasukan belanda dengan Pangeran Diponegoro, Siswa dapat menguraikan metode peperangan tentang peristiwa tersebut.
3. Bentuk Soal : Perjuangan dari Gerakan 3A dipimpin oleh .......

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang peristiwa peperangan yang terjadi antara pasukan belanda dengan Pangeran Diponegoro, Siswa dapat menguraikan metode peperangan tentang peristiwa tersebut.
4. Bentuk Soal : Naskah Proklamasi diketik oleh .......

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang peristiwa peperangan yang terjadi antara pasukan belanda dengan Pangeran Diponegoro, Siswa dapat menguraikan metode peperangan tentang peristiwa tersebut.
5. Bentuk Soal : Pertempuran rakyat Medan terhadap Pasukan sekutu dikenal sebagai pertempuran ........

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang peristiwa peperangan yang terjadi antara pasukan belanda dengan Pangeran Diponegoro, Siswa dapat menguraikan metode peperangan tentang peristiwa tersebut.
6. Bentuk Soal : Perundingan Belanda dan Indonesia yang melahirkan perjanjian Renville dilakukan di ..........

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang peristiwa peperangan yang terjadi antara pasukan belanda dengan Pangeran Diponegoro, Siswa dapat menguraikan metode peperangan tentang peristiwa tersebut.
7. Bentuk Soal : Pemimpin kaum Padri adalah ........

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang peristiwa peperangan yang terjadi antara pasukan belanda dengan Pangeran Diponegoro, Siswa dapat menguraikan metode peperangan tentang peristiwa tersebut.
8. Bentuk Soal : Gelar Proklamator Kemerdekaan Indonesia diberikan kepada .......


Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang peristiwa peperangan yang terjadi antara pasukan belanda dengan Pangeran Diponegoro, Siswa dapat menguraikan metode peperangan tentang peristiwa tersebut.
9. Bentuk Soal : Panglima tentara Jepang di Wilayah Asia Tenggara bernama .......

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang peristiwa peperangan yang terjadi antara pasukan belanda dengan Pangeran Diponegoro, Siswa dapat menguraikan metode peperangan tentang peristiwa tersebut.
10. Bentuk Soal : VOC Singkatan dari ........ /(Verenigde Oostindische Compagnie)










URAIAN ;

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang peristiwa peperangan yang terjadi antara pasukan belanda dengan Pangeran Diponegoro, Siswa dapat menguraikan tentang peristiwa tersebut.
1. Bentuk Soal : Jelaskan siasat perang yang digunakan oleh belanda saat menghadapi pasukan Pangeran Diponegoro!

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang Invasi negara Asing ke Indonesia, Siswa dapat menjelaskan rangkaian kejadian peristiwa tersebut.
2. Bentuk Soal : Mengapa kedatangan jepang pada akhirnya menimbulkan kebencian rakyat indonesia!

Indikator Soal : Disajikan pernyataan kebencian penduduk pribumi terhadap negara Asing, Siswa dapat menentukan cara yang digunakan untuk menghadapi keadaan tersebut.
3. Bentuk Soal : Sebutkan 3 macam perlawanan rakyat Indonesia terhadap pendudukan Jepang!

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang peristiwa setelah peperangan yang terjadi antara pasukan belanda dengan Pangeran Diponegoro, Siswa dapat menyebutkan kegiatan yang terjadi pada saat peristiwa tersebut.
4. Bentuk Soal : Tuliskan Isi dari Piagam Jakarta!

Indikator Soal : Disajikan pernyataan tentang tokoh kemerdekaan pada masa penjajahan, Siswa dapat menjelaskan tentang seseorang yang ikut didalamnya.
5. Bentuk Soal : Siapakah Latif Hendraningrat itu?

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang usaha Rakyat Indonesia dalam menghadapi penjajah, Siswa dapat menjelaskan tentang peristiwa tersebut.
6. Bentuk Soal : Bagaimana cara kita menghargai jasa tokoh pejuang dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia?

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang pahlawan Asing yang terlibat dalam proses kemerdekaan, Siswa dapat menjelaskan peran tokoh tersebut.
7. Bentuk Soal : Mengapa Laksamana Tadashi Maeda mau membantu perjuangan bangsa Indonesia?

Indikator Soal : Disajikan pernyataan tentang keadaan yang terjadi setelah kemerdekaan, Siswa dapat menjelaskan tentang peristiwa tersebut.
8. Bentuk Soal : Sebutkan apa saja tujuan Negara Indonesia!

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan salah satu kejadian perang Indonesia melawan pasukan Belanda, Siswa dapat menguraikan tentang peristiwa tersebut.
9. Bentuk Soal : Mengapa pada tanggal 10 November diperingati sebagai hari Pahlawan?

Indikator Soal : Disajikan sebuah pernyataan tentang tindakan negara maju yang tergabung dalam sebuah Federasi, Siswa dapat menjelaskan tentang kegiatan tersebut.
10. Bentuk Soal : Mengapa PBB mau membantu persengketaan antara indonesia dengan Belanda?

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar